Senin, 03 Juli 2017

3 Riwayat Berbeda Minangkabau dan 6 Pendapat Asal Kata Minangkabau

galeri minang saisuak ©joni koto

Sekapur Sirih

Assalammualiakum, Artikel ini rencananya digabung dengan Artikel Sejarah Asal Minangkabau dan Kerajaan Kerajaan Minangkabau Menurut Tambo, tetapi karena artikelnya kepanjangan akhirnya menjadi Artikel baru disini. Tidak lupa kepada Alim Ulama, Cadiak Pandai, Niniak Mamak Basa Batuah, Anak Pusako, Uda, Uni, Adiak Sadonyo jika ada kesalahan dalam posting atau tulisan yang tidak pantas, tolong diingatkan. Salam Daiko.

Nama Minangkabau Berasal Dari Masa Kerajaan Bukit Batu Patah


Sesuai dengan Artikel sebelumnya, Asal nama Minangkabau berasal dari kata Manang Kabau (Menang Kerbau). Pada saat itu Kerajaan Bukit Batu Patah dalam pemerintahan Raja Nur Alam mendapat tantangan adu kerbau oleh Nahkoda negeri seberang. Dengan kecerdikan Dt. Pepatih Nan Sabatang dan Dt. Ketemanggungan yang memasang tanduk besi pada kerbau kecil yang tidak menyusu 1 minggu saat melawan kerbau besar nahkoda tadi, Karena mengira kerbau besar itu induknya di serunduklah si kerbau tadi, Sehingga si kerbau besar tadi mati dan kerbau Kerajaan Bukit Batu Patah menang.

galeri minang saisuak ©joni koto


Kemenangan Adu Kerbau Atas Usul Ceti Bilang Pandai


Dari riwayat lain asal usul nama Minangkabau terjadi pada saat kedatangan bala tentara yang dipimpin Anggang dari laut yang hendak menaklukkan penduduk setempat. Melihat kekuatan musuh saat itu, bermufakatlah Dt. Ketemanggungan dan Dt. Pepatih Nan Sabatang beserta Ceti Bilang Pandai untuk mencari akal bagaimana menghadapi kekuatan musuh. Akhirnya disepakatilah bahwa untuk melawan musuh yang kuat harus dihadapi dengan tipu muslihat, muslihat yang dipilih ialah mengadu kerbau. Kerbau siapa yang menang, itulah yang akan memenangkan pertempuran. Usul itu akhirnya diterima oleh Panglima pasukan yang datang itu.

Pihak musuh mendatangkan kerbau yang sangat besar, jarak kedua ujung tanduknya empat depa. Untuk menandinginya tidak ditemukan kerbau yang sepadan. Lalu berundinglah pimpinan Minangkabau, Cati Bilang Pandai mengusulkan agar kerbau besar itu dilawan dengan anak kerbau yang lagi sarat menyusu. Sebelum dilepas ke Gelanggang, anak kerbau itu dibiarkan tidak menyusu kepada induknya untuk beberapa hari. Pada hidung anak kerbau tadi diikatkan sepotong besi runcing yang disebut "Minang". Hingga akhirnya besar tadi mati karena di serunduk.

Dalam riwayat ini kata Minang berasal dari nama besi runcing yang diikatkan pada anak kerbau. Sedikit berbeda dengan Artikel sebelumnya yang meriwayatkan bahwa Ceti Bilang Pandai telah wafat sebelum terjadi adu kerbau ini.

galeri minang saisuak ©joni koto


Nama Minangkabau Berasal Dari Masa Kerajaan Pagaruyung


Dalam riwayat ini menceritakan bahwa kala itu Abad ke 17 Kerajaan Pagaruyung yang dipimpin oleh Adityawarman, yang merupakan seorang raja yang tidak ingin disebut sebagai raja, orang pertama yang memperkenalkan sistem kerajaan di Sumatera Barat. Kala itu Kerajaan Pagaruyung akan diserang Kerajaan Majapahit, hingga terjadilah pertandingan adu kerbau. Adu kerbau ini diadakan di salah satu desa yang berada di Kecamatan Sungayang, Tanah Datar, Sumatera Barat.

gunung merapi ©tempo

Berdasarkan 3 Riwayat di atas ada hal hal yang membingungkan, apakah Raja Nur Alam atau yang dikenal juga dengan nama Sutan Alam Bagagar Syah adalah orang yang sama dengan Adityawarman?

Akan tetapi seperti yang di tulis pada artikel sebelumnya bahwa sejarah Minang bermula ± 250 tahun SM pada saat  Sultan Sri Maharajo Dirajo yang merupakan Ayah kandung Datuk Ketemanggungan. Beliau beserta rombongan melakukan perjalanan hingga sampai di Gunung Merapi dan menetap disana. Sementara menurut riwayat diatas Kerajaan Pagaruyung berdiri pada Abad ke 17, dan beberapa kesimpulan para Ahli Sejarah Kerajaan Pagaruyung didirikan oleh Adityawarman pada tahun 1342.

Jadi Pada Zaman manakah Dt. Pepatih Nan Sabatang dan Dt. Ketemanggungan hidup?


galeri minang saiusak ©joni koto

Pendapat Pendapat Lain Asal Nama Minangkabau


Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Minangkabau berasal dari kata "mainang kabau" yang berarti mengasuh kerbau. Pendapat yang lain mengatakan nama Minangkabau berasal dari kata "Minang Kabawa" yang artinya "pertemuan dua muara sungai besar" dimana pada mulanya Minangkabau pertemuan dua buah sungai besar. Pendapat lainnya mengatakan bahwa nama Minangkabau berasal dari kata "Phinang Khabu" yang berarti "tanah asal". Ada pula yang berpendapat bahwa nama Minangkabau berasal dari kata "Binanga Kanuar" yang artinya "Muara Kampar".



Demikianlah 3 Riwayat Berbeda Asal Usul Minangkabau dan 6 Pendapat Asal kata Minangkabau. Kalau Saya pribadi berpendapat Minangkabau berasal dari kata Manang Kabau, bagaimana dengan pembaca?

Jangan lupa Share Artikel ini untuk mengingat Riwayat Minangkabau, sekaligus mengobati rasa rindu buat Sanak di Rantau.



- Himpunan Tambo Tambo Minangkabau dan bukti sejarah, Mahmoed, st dan Penghulu Manan Rajo
- Ensklopedia Suku Bangsa di Indonesia, Melalatoa, M Junus.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon